Cara Mempersiapkan IELTS ( International English Language Testing System)

Yes Study Indonesia – Cara mudah dan cepat mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Salah satu cara untuk mempersiapkan IELTS dengan nilai yang memuaskan adalah mengikuti program Free IELTS Tryout. Karena kegiatan ini sangat penting bagi sahabat Yes Study yang memiliki cita-cita berkeinginan melanjutkan studi luar negeri.

Tryout IELTS Untuk Studi Luar NegeriKegiatan Free IELTS Tryout bersama Yes Study Indonesia dapat membantu sahabat Yes Study menguji kemampuan bahasa Inggris untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Dengan mengikuti kegiatan Free IELTS Tryout Yes Study Anda tidak perlu membayar dan hasilnya dapat mengetahui hasil tes IELTS sekitar 1 -2 minggu setelah mengikuti tes.

Kegiatan ini bertujuan membantu sahabat Yes Study untuk mengetahui kesiapan diri sebelum mendaftar ujian tes IELTS yang sebenarnya. Atau masih harus belajar lagi ?

Untuk informasi tambahan bagi sahabat Yes Study ketahui, rata-rata colleges dan universitas di Kanada memiliki Standar IELTS 6,5. Beberapa universitas dengan jurusan / program tertentu bahkan membutuhkan lebih tinggi dari itu.

IELTS diwajibkan jika sahabat Yes Study berminat melanjutkan studi ke luar negeri, dan hasil IELTS dapat digunakan hingga jangka waktu 2 tahun.

Cari tahu : Pentingnya Tes IELTS Bagi Pelajar SMP dan SMA Yang Berminat Melanjutkan Studi Ke Luar Negeri

Jika hasil tryout IELTS sahabat Yes Study masih jauh dari cukup untuk mendaftarkan ke sekolah atau universitas pilihan Anda di luar negeri. Yes Study siap membantu mempersiapkan Anda untuk mencapai skor tinggi pada tes IELTS sebenarnya.

Yes Study menyarankan Anda suda memulai persiapan tes IELTS dari SMP/SMA jika sudah memiliki minat untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri. Hal ini akan membuat putra-putri Anda lebih siap untuk mendapatkan hasil ujian IELTS yang sebenarnya dengan nilai yang memuaskan.

Bagamana Cara Mempersiapkan Diri Untuk Menghadapi IELTS ?

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa sahabat Yes Study lakukan untuk menghadapi tes IELTS sebagai salah syarat melanjutkan sekolah dan pendidikan ke luar negeri versi Yes Study :

  1. Listening

Tes listening terbagi menjadi empat bagian dengan 10 pertanyaan pada tiap bagian dan dikerjakan dalam waktu 30 menit. Bagian pertama dan kedua adalah tentang situasi sehari-hari yang biasa di hadapi, biasanya bagian pertama adalah percakapan antara dua orang dan bagian kedua adalah berupa monolog.

Sedangkan untuk bagian ketiga dan keempat adalah tentang situasi akademis, biasanya bagian ketiga adalah percakapan antara dua orang dan bagian keempat adalah berupa monolog. Aksen bahasa Inggris yang digunakan beragam sesuai dengan negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama yaitu antara lain aksen Inggris, Amerika, Selandia Baru, dan Australia.

Terdapat enam tipe soal yaitu pilihan ganda (multiple choice), mencocokkan (matching), memberi label pada bagan (plan/map/diagram labeling), mengisi formulir/pesan/tabel/bagan/ringkasan (form/note/table/flow chart/summary completion), melengkapi kalimat (sentence completion), dan menjawab pertanyaan singkat (short-answer questions).

Tips yang paling penting sahabat Yes Study Indonesia harus lakukan adalah perbanyak latihan untuk membiasakan diri dengan aksen Inggris yang digunakan dan kecepatan suara atau percakapan. Karena percakapan hanya diputar satu kali dan tidak ada pengulangan, maka dengarkan dan perhatikan baik-baik percakapan dan kalau perlu buat coret-coretan atau notes saat mendengar jawaban atau hal yang penting saat percakapan diputar.

Waktu yang diberikan sudah termasuk waktu untuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban bagi mereka yang terbiasa untuk memindahkan jawaban di akhir sesi, sehingga gunakanlah waktu kalian sebaik-baiknya karena tidak ada tambahan waktu.

Salah satu strategi yang cukup membantu adalah baca pertanyaan pada lembar soal pertama kali sebelum percakapan diputar sehingga Anda tahu apa jawaban yang dicari selama rekaman percakapan diputar.

  1. Reading

Tes reading terdiri dari 40 pertanyaan dalam waktu 60 menit. Pada versi Academic, terdapat tiga bacaan panjang yang diambil dari buku, jurnal, majalah dan surat kabar. Kadang-kadang juga terdapat diagram atau ilustrasi pada bacaan yang dapat menjadi bahan pertanyaan.

Dalam tes reading terdapat 11 tipe soal yaitu pilihan ganda (multiple choice), isian True/False/Not Given terhadap informasi pada bacaan, isian True/False/Not Given terhadap pandangan penulis pada bacaan, mencocokkan informasi pada bacaan (matching information), mencocokkan judul/heading (matching headings), mencocokkan kalimat (matching sentence endings), mencocokkan bacaan (matching features), melengkapi kalimat, mengisi formulir/pesan/tabel/bagan/ringkasan (form/note/table/flow chart/summary completion), memberi label pada bagan (plan/map/diagram labeling), dan menjawab pertanyaan singkat (short-answer questions).

Salah satu cara latihan untuk Reading adalah biasakan untuk membaca bacaan yang bersifat akademis di buku, jurnal, majalah, dan surat kabar karena jenis dan tingkat kesulitan vocabulary yang digunakan kurang lebih sama.

Apabila ada vocabulary yang tidak diketahui saat latihan atau membaca bacaan di buku, jurnal, majalah, atau surat kabar berbahasa Inggris, langsung cari artinya di kamus dan tulis di sebuah buku catatan kecil khusus vocabulary.

Melalui cara ini, diharapkan sahabat Yes Study Indonesia akan dapat memperkaya vocabulary yang tidak hanya penting saat Reading, namun juga saat Writing. Beberapa sumber di internet, buku IELTS, dan IELTS Prep Course juga memberikan sejumlah vocabulary penting yang sering digunakan dalam bacaan di IELTS yang juga bermanfaat untuk Writing sehingga penting untuk dimengerti.

Selain itu nantinya sahabat Yes Study Indonesia dapat menguasai juga strategi skimming dan scanning dalam membaca sehingga dapat menemukan informasi dan menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat mengingat ada batasan waktu dan bacaan yang panjang.

Cari tahu : Cara Mengurus Visa Palajar USA

  1. Writing

Tes writing terdiri dari dua bagian yang dikerjakan dalam waktu 60 menit, 20 menit untuk bagian pertama dan 40 menit untuk bagian kedua. Pada bagian pertama, sahabat Yes Study harus membuat tulisan berbentuk paragraf berdasarkan informasi berupa grafik atau diagram yang diberikan pada lembar soal dengan jumlah minimal 150 kata. dan Pada bagian kedua, sahabat Yes Study Indonesia harus membuat tulisan berbentuk paragraf argumen tentang suatu topik yang diberikan pada lembar soal dengan jumlah minimal 250 kata. Jangan sampai menulis kurang dari 150 atau 250 kata karena akan berdampak pada pengurangan nilai.

Untuk sedikit informasi bagi sahabat Yes Study Indoensia, yang dinilai pada bagian Writing adalah kesesuaian dengan pertanyaan atau soal, kesinambungan dari tulisan (coherence and cohesion), kata atau vocabulary yang digunakan, dan penggunaan tata bahasa (grammar) yang sesuai.

Tidak ada hal yang termudah dari cara paling mudah menghadapi IELTS adalah dengan memperbanyak latihan untuk Writing dengan latihan menulis dari topik yang diberikan saat mengikuti IELTS Preparation Course atau latihan mandiri dengan mengerjakan buku latihan soal dan memberikan tulisan kamu kepada instruktur atau guru bahasa Inggris kamu dan meminta feedback dari mereka.

Selain itu, sahabat Yes Study juga dapat membaca contoh hasil tes Writing dengan nilai 8-9 yang bisa didapatkan dari buku latihan soal, internet, atau melalui IELTS Preparation Course sehingga kamu akan memiliki bayangan tentang bagaimana cara mendapat nilai yang tinggi untuk Writing.

Saran Yes Study untuk para sahabat, cobalah untuk menyalin format dan kosa kata, khususnya linking words sesuai dengan contoh. Sebaiknya gunakan kosa kata yang bersifat akademis yang dapat diperkaya melalui tips yang sama dengan Reading untuk menambah nilai.

Untuk tata bahasa, gunakan referensi buku tata bahasa atau grammar untuk memastikan aturan tata bahasa yang kamu gunakan benar. Salah satu buku yang saya rekomendasikan adalah buku grammar karya Betty Schrampfer Azar yang banyak dipakai oleh guru bahasa Inggris di seluruh dunia.

Selain itu, pastikan bahwa sahabat Yes Study memiliki kalimat utama dalam setiap paragraf dan apa yang kamu tulis di setiap paragraf sesuai dengan kalimat utama. Faktor penting lainnya adalah tata bahasa, pastikan kamu menggunakan ejaan dan tata bahasa yang benar karena skor akan dipotong jika ejaan dan tata bahasa yang kamu gunakan salah.

Salah satu strategi penting yang menurut saya bermanfaat adalah menggambar bagan berupa mind map atau bullet point tentang hal-hal yang perlu saya tulis sebelum mulai menulis. Dengan melakukan hal tersebut, saya dapat membuat kalimat utama dengan mudah dan kalimat yang akan saya tulis dalam sebuah paragraf tidak akan melenceng dari kalimat utama tersebut.

Selain itu sahabat Yes Study juga dapat berpikir tentang kalimat yang akan saya tulis secara cepat dengan bantuan bullet points dan mind map. Jangan lupa untuk mengatur waktu seefisien mungkin dan menghitung jumlah kata dengan perkiraan sebelum waktu yang ditentukan akan habis.

Cari tahu : Manfaat Pendidik Ke Luar Negeri

  1. Speaking

Pada Speaking, sahabat Yes Study akan berhadapan dengan seorang examiner dalam satu ruangan. Jawaban kamu akan direkam untuk dinilai dan pada bagian ini terdapat tiga pertanyaan dalam waktu 11-14 menit.

Pada bagian pertama, pertanyaan akan berkisar tentang diri sendiri seperti keluarga, pekerjaan, waktu luang, dan sebagainya. Pada bagian kedua sahabat Yes Study akan diberikan sebuah topik dan kamu diberi waktu satu menit untuk mempersiapkan diri dan dilanjutkan dengan waktu dua menit untuk berbicara.

Pada bagian ketiga, sahabat Yes Study akan diajak berdiskusi oleh examiner tentang topik yang diberikan pada bagian kedua dimana kamu akan diberikan pertanyaan oleh examiner. Hal yang dinilai pada Speaking adalah kelancaran dan kesinambungan dalam berbicara (fluency and coherence), kosa kata yang digunakan, penggunaan tata bahasa (grammatical range and accuracy) dan pengucapan (pronunciation).

Sama dengan tips sebelumnya yaitu perkaya kosa kata dan latih pengucapan kata-kata tersebut sampai benar. Jangan lupa untuk sering-sering berlatih dengan cara melakukan simulasi Speaking test berdasarkan soal dari buku latihan soal, internet, atau pada saat IELTS Preparation Course dengan cara merekam diri sendiri dan melihat waktu yang dihabiskan karena selama Speaking test, akan ada bagian ketika kamu hanya punya 1-2 menit untuk menjawab seluruh pertanyaan.

Jangan lupa untuk melihat contoh Speaking test dengan nilai yang bagus di YouTube atau berbagai sumber di internet. Pastikan bahwa jawaban kamu sesuai pertanyaan dan ada inti pertanyaan, dalam arti jawaban kamu jangan sampai keluar dari pertanyaan.

Ingat ya…., kalian dapat mengambil napas dalam-dalam dan percaya diri dan berusahalah agar terlihat nyaman dan tidak tergesa-gesa saat menjawab pertanyaan agar pengucapan kata menjadi jelas.

Salah satu strategi penting adalah pada saat bagian kedua, gunakan waktu satu menit yang diberikan untuk persiapan dengan cara merencanakan inti jawaban dengan menggunakan bullet points sehingga kamu tidak akan kehilangan ide ketika menjawab pertanyaan selama 2 menit.

Cara mudah dan jitu menghadapi IELTS tersebut di atas dapat juga dilakukan bersama-sama dengan bimbingan dan konsultasi para akhlinya yang berpengalaman dengan para alumni dari Yes Study dengan mengikuti program Free Tryout IELTS Yes Study.[]